Rumusan Kaderisasi Informal
a. Rumusan Strategis, Pola Rekruitmen, Mentoring
dan Maintenance
A. Model : small
group / sel belajar/ desentralisaasi aktifitas kader
Metode : - monitoring
- evaluasi kader
(catatan – catatan)
Target : - ideologisasi gerakan ( radikalisasi wacana/
materi – materi)
- pengembangan profesionalisme
keilmuan
- perhatian atas kader
Pelaksana (aktor) : struktur formal ( PC, PK, PR) atau non formal
(individu) atau tim kerja
B. Model :
struktur kekeluargaan
Metode : - kunjungan / silaturrahim berkala/ periodik
- tadabur / tafakur
sosial
- Refreshing
Target : - solidaritas intra kader gerakan
- menajamkan ”radar sosial”
Pelaksana (aktor) : struktur formal dan non formal
C. Model : Sekolah
aksi sosial
Metode : - Pengobatan gratis
- Jualan buku – buku teks (teks book)
Target : - Penguatan kapasitas mengorganisir aksi
sosial kader
- membangun kedekatan dengan rakyat miskin
-
merebut simpati sosial (image building ) gerakan
Pelaksana (aktor) : struktur formal dan non formal
D. Model : Politik
Diaspora Gerakan
Metode : - Kursus stratak / politik kampus / antropologi
kampus
Target : - Merebut kepemimpinan kampus ( sayap gerakan
)
- membangun kantong – kantong mahasiswa
Pelaksana (aktor) : struktur formal dan non formal
b. Kurikulum
Tentatif
Untuk small group : materi; diskursus sebuah agama, ilmu sosial humaniora, sosial keilmuan dan
pelatihan advokasi
NO.
|
MODEL
|
MATERI
|
WAKTU
|
PELAKSANA
|
1.
|
SMALL GROUP
|
Diskursus Agama, Ilmu social Humaniora,
Pelatihan advokasi, basic ilmu kader
|
Proses MAPABA dan
Pasca MAPABA
|
Struktur Formal dan non formal
|
2.
|
STRUKTUR KEKELUARGAAN
|
Analisa diri
Analisa sosial
|
Pasca MAPABA
|
sda
|
3.
|
AKSI SOSIAL
|
Manajemen Aksi Massa
Pelayanan Publik
|
Pasca MAPABA dan PKD
|
Sda
|
4.
|
POLITIK DIASPORA GERAKAN
|
Antropologi kampus
Kursus Stratak
Kepemimpinan Gerakan0
|
Pasca MAPABA dan PKD
|
sda
|
5.
|
CATATAN – CATATAN KRITIK
|
|
|
|
BUKU MENUJU AKSI
SOSIAL
Formal Basic
MAPABA
Orientasi :
- Penanaman idealisme
-
Doktrin Gerakan
Pendekatan : - INDOKTRINASI
Follow up :
- Study akultatif : agama dan sosial ( normatif teoritik)
Wjib Ain :
- Study Epistimologi
- Bahasa Inggris
Masa Proses :
6 (enam ) bulan
PKD
Orientasi : a. Komitmern pada
gerakan sosial
b. Dasar – dasar kemampuan Praksis
Pendekatan : a. DOKTRINASI
b. Partisipatiris
Follow
up : - Study – study
pengembangan tentang masalah kebangsaan actual, kemasyarakatan (Respon
Persoalan Sosial)
Wjib Ain :
- Sekolah Analisa Sosial
-
Bahasa Inggris Intermediet
Wajib Pilihan :
- Pelatihan Advokasi
-
Pelatihan Penelitian Akademik
-
Pelatihan Jurnalistik
Masa Proses :
12 s.d 24 bulan
PKL
Orientasi : - Mengelola Organisasi
- Leadership
- Manajerial
Pendekatan :
- PARTISIPATORIS
Follow up :
- Study POLITIK, Mengelola Aksi Sosial
Wajib Pilihan :
- Pengembangan Kepribadian
-
TOT
Masa Proses : sampai tamat atau Alumni
KADERISASI FORMAL
MAPABA
Orientasi :
1. Penanaman nilai –nilai ke- PMII-an (Keislaman, Keindonesiaan,
dan kemahasiswaan)
2.
Meyakini PMII sebagai Way of
Life
Target & Tujuan :
KADER MILITAN
Pendekatan : Indoktrinasi
Sistem :
PENDAMPINGAN
Materi : I.
Ke- PMII- an
a.
NDP (2
jam)
b. Keorganisasian
PMII (
2 jam)
Ø Pemahaman
Konstitusi
Ø Manajemen Organisasi
c. Sejarah PMII dalam
dialektika GM (2
jam)
II. Ke –
Mahasiswa-an
a.
Mahasiswa dan tanggungjawab
Sosial ( 2 Jam)
III.
Ke – Islam – an
a.
Ke – Islam – an & Ke – Indonesia – an
Ø Prinsip – prinsip
universalisme Islam (Ihsan, Iman
dan Islam )
Ø Sejarah Islam di Indonesia
Ø Islam Keadilan dan
Transformasi Sosial (2 jam)
IV. Ke – Indonesia – an
a. Sejarah dan Dinamika Kebangsaan (2 jam )
V. Bina Suasana
a. Study Gender (
1 jam )
¨
Metode :
Role Playing
¨
Setting suasana bias gender dan adil gender yang
akan dievaluasi pada akhir MAPABA
b. General Review (
2 jam)
VI. Muatan Lokal
a. Antropologi Kampus (2
Jam)
·
Geografi
·
Psykografi
·
Demografi
·
Sosiologis
b.
Sejarah dan Dinamika Gerakan PMII Lokal ( 2 jam)
c.
Materi tentang disiplin ilmu masing – masing
(2 jam)
d.
General Review dan Follow up (2 jam)
e.
Kontrak Belajar (
2 jam)
JUMLAH :
¨
13 materi
¨
25 jam
PKD
- Orientasi :
·
Komitmen Pada Gerakan Sosial
·
Dasar – dasar Kemampuan Praksis
- Target
dan Tujuan : KADER PEJUANG
- Pendekatan :
·
Doktrinasi
·
Partisipatoris
- Sistem : PENDAMPINGAN
- Materi :
1. Aswaja sebagai
Manhajul Fikr ( 2 jam)
2. Islam dan Pembebasan
Kaum Mustadl’afiin ( 2 jam)
3. Paradigma (Paradigma
Kritis Transformatif / Paradigma Gerakan PMII)
(2 jam)
· Dibuatkan Forum
tersendiri untuk membedah Paradigma Kritis Transformatif sebelum terbentuk handout pengkaderan
· Tujuan forum adalah untuk mengetahui paradigma
gerakan mahasiswa yang akan dimasukkan pada hand out pengkaderan
4. Analisa Sosial
5. Analisa Wacana ( direkomendasikan untuk non formal wajib)
6. Ideologi – ideologi
Besar Dunia (direkomendasikan untuk non
formal wajib)
7. Sejarah Perubahan
Sosial ( 2 jam )
8. Strategi Pengembangan
PMII ( 2 jam)
9. Rekayasa Sosial dan
Penguatan Masyarakat (2 jam)
10. Pola dan Strategi
Pembangunan Indonesia ( 2 jam )
11. Sejarah dan Strategi
Gerakan PMII dalam Konteks Sosial Kemasyarakatan (2 jam)
12. Pengelolaan Opini dan
Gerakan Massa ( 2 jam)
13. Perencanaan Program
dan Penyusunan Proposal (direkomendasikan untuk non formal)
14. Pengorganisasian tim
kerja di lapangan ( 2 jam)
15. Kontrak Belajar ( 2 jam)
16. General Review ( 2
jam )
JUMLAH :
¨
3 Materi non formal
¨
13 materi formal
¨
26 jam
PKL
Orientasi :
Pengelola Organisasi
·
Leadership
·
Managerial
Target dan Tujuan : AVANT GARDE
( PELOPOR)
1. Mampu mendesain
gerakan internal dan eksternal PMII
2. Memiliki Kualifikasi
sebagai Leader di PMII dan Masyarakat
Pendekatan :
Partisipatoris
Sistem :
PENDAMPINGAN
Materi :
1. Kontrak Kerja ( 2 jam )
2. Citra diri Pemimpin
PMII (2 jam)
3. Kepemimpinan dalam
konsepsi Islam ( 2 jam)
4. Kepemim[pinan dan
Situasional Organ (2 jam)
5. Analisis Perilaku
Kepemimpinan ( 2 jam )
6. Pedoman Penilaian
Analisis Kepemimpinan (2 jam)
7. Psikologi Sosial ( 2 jam )
8. Management ( 2 jam)
9. Keorganisasian ( 2
jam )
10. Komunikasi ( 2 jam)
11. Komunikasi Publik Dan
Pemasaran Ide ( 2 jam )
12. Membangun tim kerja /
kepanitiaan ( 2 jam )
13. Pengambilan Keputusan ( 2
jam )
14. Manageman Keuangan ( 2 jam )
15. Penguatan kelembagaan
dan optimalisasi kinerja organ ( 2
jam )
16. Isu Kepemimpinan
Aktual ( 2 jam )
17. Studi Banding ( 2 jam )
18. Studi Observasi Lapangan ( 2 jam )
19. Geopolitik Lokal,
Nasional dan Global ( 2 jam )
20. Management Konflik (
2 jam )
21. Teknik Lobbying dan Net
working ( 2 jam )
22. Analisis Media ( 2 jam )
23. Tindal Lanjut dan Evaluasi ( 2 jam )
JUMLAH :
· 23 Materi
· 46 jam
{ Dibutuhkan Hand out materi pengkaderan }
PELATIHAN NONFORMAL
[ PRIORITAS]
NO.
|
SKALA PRIORITAS
|
ORIENTASI
|
OUT PUT
|
OUT COME
|
1.
|
Keislaman
|
E Memberikan pemahaman tentang Islam
E Pencitraan Organisasai
|
Kader paham tentang Islam yang rahmatan lil ‘alamiin
|
E toleransi antar
umat
E Kepedulian /
kepekaan terhadap sesama
E Opini masyarakat
positif
-
|
2.
|
Kemampuan bahasa asing
|
Memiliki kemampuan bahasa asing
|
Kader yang mampu bicara dan menulis dengan bahasa asing
|
Mampu bersaing di era globalisasi
|
3.
|
Jurnalistik
|
Memiliki kemampuan jurnalistik
|
Bisa menulis dan menuangkan ide dengan baik serta mampu mengolah data
|
Mempunyai media publik dan menguasai opini publik
|
4.
|
Administrasi dan manajemen
|
Memiliki kemampuan mengolah administrasi dan manajemen organisasi
|
Kader mampu mengatur administrasi organisasi
|
PMII menjunjung tinggi administrasi dan manajemen
|
5.
|
Pendidikan Politik
|
Membentuk nalar politik kader
|
Memahami politik dan leadership yang handal serta ahli dalam strategi dan
taktik
|
Menguasai lembaga – lembaga strategis
|
6.
|
Manajemen Komunikasi
|
Memahami komunikasi
|
E Mampu berkomunikasi
dengan sistematis
E Orator yang baik
E Ahli Lobby
|
Terciptanya jaringan yang kuat
|
7.
|
Pelatihan ANSOS
|
Mampu menganalisis realitas sosial
|
Paham realitas sosial
|
E Melihat realitas
secara obyektif
E Motor
penggerak perubahan sosial
|
8.
|
Advokasi
|
Memahami advokasi
|
Melakukan advokasi
|
Bisa mendampingi masyarakat melawan penindasan
|
9.
|
Filsafat
|
Memahami filsafat
|
Memiliki landasan berpikir yang kritis dan sistematis
|
Sistem pemikiran yang sistematis
|
10.
|
If Studi gender
|
Membentuk kader yang sensitif gender
|
Paham tentang teori gender
|
Menciptakan kesetaraan gender
|
11.
|
Kemampuan tehnologi
|
Memahami teknologi
|
Mampu mengoperasionalkan
|
Opersional tehnologi untuk menunjang
organisasi
|
12.
|
Kewirausahaan
|
Memahami kaidah – kaidah kewirausahaan
|
Mampu berusaha (mandiri)
|
Menganalisa pasar
|
13.
|
Pelatihan fasilitator
|
Mengetahui teknik – tehnik pelatihan
|
Menjadi fasilitator yang baik
|
Mampu menguasai forum person
|
14.
|
Analisa KEbijakan Publik
|
Memahami proses – proses
kebijakan publik
|
Mampu menganalisis kebijakan
publik
|
melakukan advokasiA
|
15.
|
Penelitian
|
Memiliki kemampuan penelitian
|
Mampu meneliti
|
Melakukan kegiatan penelitian
|
16.
|
Seni dan Budaya
|
Menghayati apa itu seni dan budaya
|
Kepekaan terhadap seni dan budaya
|
Menjadi seniman dan budayawan
|
SKALA
PRIORITAS NASIONAL
SKALA PRIORITAS
1.
Pelatihan jurnalistik
2.
Keislaman
3.
Administrasi dan Manajemen Organisasi
4.
Seni dan Budaya
5.
Pelatihan Fasilitator
6.
Kemampuan Bahasa Asing
7.
Pelatihan
Penelitian
8.
Study Filsafat
9.
Pelatihan ANSOS
10.
Pendidikan Politik
11.
Pendidikan Advokasi
12.
Manajemen komunikasi
13.
Pecinta Alam (INFORMAL)
14.
Kemampuan Tehnologi
15.
Studi Gender
16.
Kewirausahaan
17.
Analisa Kebijakan Publik (Hukum & Anggaran) /
Pasar Modal
18.
Penguasaan Disiplin Ilmu (INFORMAL)
19.
Olah raga (INFORMAL)
ADA :
§ 16 Kegiatan NON
FORMAL
§ 3 Kegiatan INFORMAL
NON FORMAL: PASCA MAPABA, PKD & PKL
Definisi : Proses tindak lanjut yang tidak bertentangan
atau sama dengan kegiatan formal selanjutnya
Identifikasi Minat dan Bakat
1.
Pelatihan Jurnalistik
2.
Advokasi
3.
Analisis Sosial (Kemajuan Menganalisis)
4.
Seni umum dan Agama
5.
MAPALA
6.
Kewirausahaan
7.
Kemampuan Meneliti
8.
Pengajian
9.
Manajemen Organisasi
10.
Manajemen Aksi
11.
Manajemen Komunikasi ( Retorika)
12.
Manajemen Forum (Kemampuan Memfasilitatori Forum)
13.
Pelatihan Internet/ teknologi dasar
14.
Analisa Pasar Modal
15.
Kemampuan Lobbying
16.
Adimistrasi
17.
Rekayasa Teknologi Kerakyatan
18.
Bercocok tanam
19.
Kemampuan Berbahasa Asing
20.
Kemampuan Berceramah
21.
Pemetaan Politik Kampus
22.
Analisa Kebijakan Publik (UU)
23.
Monitoring Anggaran
24.
Memahami OTODA (Otonomi Daerah)
25.
Penguasaan Disiplin Ilmu
26.
Manajemen Konflik
27.
Olahraga
28.
Pembuatan Proposal
Post a Comment