Teori Behavioristik merupakan
sebuah teori yang di centuskan oleh Gage dan Bernir tentang perubahan tingkah
laku sebagai hasil dari pengalaman. Teori ini mengutamakan pengukuran, sebab
pengukuran merupakan suatu hal penting untuk melihat terjadi atau tidaknya
perubahan tingkah laku tersebut. Faktor yang lain dianggap penting oleh arilan
behavioristik adalah faktor penguatan ( reinforcement ). Bila penguatan di
tambahkan ( positif reinforcemet ) maka respon akan kuat. Begitu pula bila respon
dikurangi atau dihilangkan (negatif reinforcement) maka respon semakin kuat.
Prinsip – prinsip dalam teori Behavioristik
- perilaku
nyata dan terukur memiliki makna tersendiri, bukan sebagai perwujudan dari
jiwa atau mental yang abstrak.
- aspek
mental dari kesadaran yang tidak memiliki bentuk fisik adalah problem
untuk sciene harus dihindari
- overt,
observable behavior, adalah satu-satunya subyek yang sah dari ilmu
psikologi yang bener
Behaviorism
ini bagaimana peran guru dalam menstimulusi atau mengaktifkan siswa untuk
menunjukan perubahan perilaku. Dalam pembelajaran atau interaksi harus terjadi
perubahan tingkah laku pada siswa sebagai hasil belajar dan mengajar. Perubahan
itu harus bersifat positif dan memang harus drencenakan secara sengaja dan sistematis.
Strategi pembelajaran bahasa dan saatra indonesia
yang dirancang guru berdasarkan pendekatan behaviorisme harus pula merujuk pada
kurikurim, yaitu seperakat rencana dan peraturan mengenai tujuan dan isi. Dalam
hal ini kurikurum yang dirujuk adalah kurikurum KTSP (2006)
Behaviorisme
adalah sutu pendekatan yang lebih memihak pada sosok atau kualitas manusia dari
aspek kinerja atau perilaku yang dapat diamati atau upaya gurumemahami perilaku
secara totalpada diri pada siswa. Inti pembelajaran terlentak pada
reinforcement, atau yang disebut penguatan.
Belajar terjadinya dari adanya hubungan antara
stimulus dan respon yang imengakibatkan adanya perubahan tingkah laku
(behavior)baru, sebagai adanya interaksi atau hubungan stimurus dan respon.
Dalam aktifitasnya berupa pernyataan, latihan-latihan, tugas-tugas dalam test
atau masalah lain yang perlu di selesaikan. Sedangkan respon merupakan tinngkah
laku yang diamati sehingga perilaku siswa yang dapat diketahui, dan siswa
dianggap telah belajar jika telah menjukan perubahan perilaku.
Kekurangan teori behaviorisme dalam pembelajaran yaitu,
1. Jika pembelajaran tidak diberi stimulus maka
tidak akan ada respon atau perilaku yang dapat diamati pada diri siswa sebagai
jawaban akan adanya stimulus. Pembelajaran akan statis.
2. jika pembelajaran tidak di barengi dengan
penguatan maka perilaku siswaakan menurun dan perilaku akan di
lemahkan.mengikuti perintah guru, pengajaranya juga berakibat pada perkembangan
anak yang dapat berpikir kritis untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan
pengamatan siswa
3. dengan
adanya stimulus dan respon membuat siswa, tidak kreatif dan selalu
Guru sebagai motivator yang aktif, guru sebagai
sumber informasi yang dapat mendorong siswa untuk aktif dan giat dalam belajar
karna pembelajaran akan berhasil apabila adanya motivasi belajar siswa.
Aplikasi Teori
Behavioristik dalam Pembelajaran
Teori
behavioristik dalam kegiatan pembelajaranya tergantung dari beberapa hal
seperti :
Tujuan pembelajaran, sifat materi pelajaran,
kateristik pembelajaran, media dan fasilitas pembelajaran. Paham ini memandang
paham pengetahuan adalah obyektif, pasti, tidak berubah. Pembelajar diharapkan
akan memiliki pemahaman yang sama terhadap pengetahuan yang dianjarkan. Artinya
apa yang dipahami oleh pengajar atau guru itulah yang harus dipahami oleh
murid. Dalam proses evaluasi belajar pembelajaran diukur dalam hal-hal yang
nyata dan dapat diamati sehingga hal-hal yang bersifat tidak teramati kurang
dijaungkau dalam proses evaluasi. Implikasi behavioristik dalam prose
pembelajaran dapat dirasakan kurang memberikan ruang gerak yang bebas dari
pembelajar untuk berkreasi, bereksperimentasi dan mengembangkan kemampuan
sendiri, karena sistem pembelajaran tersebut bersifat otomatis mekanis dalam menghubungkan
stimulus dan respon sehingga terkesan seperti kenerja mesin atau rebot.
Post a Comment