TENTANG PALESTINA...
(sisi lain sejarah bangsa palestina)
Oleh : Soni Saksono*

Apakah Palestina benar2 ada? Siapakah Palestina itu? Disaat negara2 begitu bersemangat membela Palestina, dan mempertanyakan eksistensi Israel (karena sebelum perjanjian Balfour dan British mandate bangsa Yahudi terusir dan tersebar diantara bangsa2 dikarenakan Holocaust). Namun Fakta yang tidak dapat disangkal adalah bukti-bukti Arkeologis keberadaan Israel di tanah (yg diakui tanah Palestina) pada 1000-2000 thn sebelum masehi (SM), dan bukti2 arkeologis itu yg terus bermunculan..

Sedangkan Palestina ? siapa Palestina itu? Dari jaman Israel Purba, hingga tahun 63 SM daerah sengketa itu dinamakan Yudea, Samaria, dan Galilea. Yudea berarti "rumah bagi Yahudi". Namun dimulai tahun 63 SM penjajahan Roma, kekaisaran Roma melakukan pembantaian warga Yahudi, kemudian mengganti nama daerah tersebut menjadi Palestina dan Syria (suriah).

Nama Palestina secara politis artinya : "tidak ada Yahudi disini". Bangsa Roma sengaja mengubah nama daerah itu untuk menghapuskan ingatan dunia dari bangsa Yahudi/Israel. Nama Palestina yg diberikan bangsa Roma sendiri diambil dari kata Filistin, sebuah suku kanaan purba musuh bebuyutan bangsa Israel Purba yang berasal dari bangsa Yunani yang tinggal di pulau Kreta, namun suku tersebut sudah lama punah. (jadi tidak benar apabila ada yg mengatakan palestina kini adalah keturunan Filistin)

Namun nama Palestina, sejak kekaisaran Roma tumbang, dari abad ke abad mulai kembali pudar dan akhirnya pada jaman pemerintahan Turki Ottoman 1299-1923 benar benar hilang. tidak ada nama daerah teradministrasi, atau entitas politik yang bernama Palestina.

Tahun 1917 dalam perjanjian Balfour, karena Inggris berhutang budi pada bangsa Yahudi, Inggris menjanjikan tanah air untuk bangsa Yahudi, inilah cikal bakal British Mandate. Tahun 1920-1922 nama Palestina kembali muncul dalam British Mandate, yaitu mandat inggris agar bangsa Yahudi bisa menempati daerah administrasi Palestina (jajahan Turki Ottoman) tadi. Sedangkan penghuni daerah itu saat itu adalah bangsa Arab (jadi sampai titik ini tidak ada bangsa/suku yang dinamakan Palestina, yang ada hanyalah daerah administrasi bernama Palestina, yang penghuninya bangsa Arab).

Tahun 1947 muncul UN Partition Plan yg menuntut bangsa Yahudi dan bangsa Arab tadi membagi daerahnya : Palestina bagian Yahudi, dan Palestina bagian Arab. Tahun 1948 bangsa Yahudi mendeklarasikan kemerdekaannya, dan kembali menamakan negaranya: ISRAEL persis dengan nama negara/kerjaan yahudi di jaman sebelum masehi.

Tahun 1964 muncul organisasi dibawah pimpinan Yaser Arafat yang dinamakan Palestine Liberation Front (PLO) : inilah cikal bakal berdirinya Palestina sebagai sebuah negara. Yaser Arafat dalam pidato pidatonya melakukan Klaim tidak mendasar bahwa bangsa Palestina merupakan keturunan dari Bangsa Filistin, bangsa yg pertama kali mendiami daerah tersebut jauh sebelum bangsa Israel purba ada. Apa artinya? kata lainnya YA mengatakan Israel adalah penjajah, dan kami adalah pemilik sah tanah ini, karena kami keturunan Filistin.

Namun seperti yg sudah saya bahas dan bantah diatas, bangsa Filistin purba telah punah, dan bangsa yg saat itu mendiami tanah administrasi Palestina adalah bangsa Arab (keturunan Ibrahim).  Namun Filistin bukan keturunan Ibrahim. Jelas Klaim Yaser Arafat salah kaprah.

(mengenai Palestina vs Filistin akan dibahas dilain kesempatan)

Tahun 1964 itu pula PLO mengeluarkan Charter/konstitusi pembentukan negara. Dalam salah satu poin Charternya disebutkan batasan wilayah Palestina: Gaza, Samaria & Yudea (west bank) TIDAK termasuk pada wilayah Palestina
Tahun 1964-1967 dampak dari Charter itu adalah : Mesir dengan ILEGAL menguasai Gaza, Yordania dengan ILEGAL menguasai Samaria & Yudea (west bank).

Tahun 1967 koalisi negara2 Arab (termasuk Mesir dan Yordania) melakukan penolakan terhadap UN Partition Plan 1948 dengan merasa dapat menaklukan Israel. namun tidak : Israel menang dalam Perang hanya dalam 6 Hari (Six Day War) bahkan dapat menaklukan daerah yg semula dikuasai Mesir dan Yordania : Gaza, Samaria & Yudea (West Bank).

Tahun 1968 kekalahan koalisi negara2 Arab mengepung Israel, memicu PLO merevisi konstitusi negaranya, poin yang baru kini mencantumkan Gaza, Samaria & Yudea (west bank) sebagai bagian dari negaranya. apa artinya? Sengaja : sengaja mencantumkan Gaza, Samaria & Yudea (west bank) untuk menekan Israel, dan memberikan stigma bahwa Israel adalah penjajah. Batas wilayah dapat dimaju mundurkan sesuai keinginan, untuk menekan Israel. Padahal ketika dikuasai Mesir & Yordania tidak ada protest, atau perubahan konstitusi yg berarti.

Tahun 1973 terjadi kembali pengepungan Israel oleh koalisi negara2 Arab dalam perang Yom Kippur. namun kembali: Israel tampil menjadi pemenang. Tahun 1988 : Yaser arafat mendeklarasikan kemerdekaan Palestina, dan menjadi Presiden pertama Palestina. Deklasi kemerdekaan ini kembali merunjuk ke UN Partition Plan 1948 mengenai pembagian wilayah: dengan kata lain Palestina mengakui kesalahan negara2 Arab karena telah menolak UNPP47 (dengan melakukan perang 6 hari, dan perang yom kippur/rahmadan), dan menghendaki agar batas2 negara dikembalikan ke UNPP47.

Kesimpulan :
1) Bangsa palestina di jaman sebelum masehi tidaklah ada, yang ada hanyalah penamaan tanah dengan nama Palestina, sebagai propaganda Roma menghapus Yahudi dari muka bumi
2) Bangsa palestina pada jaman setelah masehi juga tidak benar2 ada, tidak lebih dari sekedar ciptaan & ALAT Propaganda PLO serta negara2 Arab, untuk menekan Israel
3) Perang 6 Hari & Perang Yom Kippur/Rahmadan, adalah bukti nyata penolakan koalisi Arab akan pembagian wilayah sebagai mana diamanatkan UN Partition Plan 47. Koalisi Arab ingin menghapus Israel sepenuhnya dan mendirikan negara Palestina termasuk daerah Israel saat itu, gaza, dan westbank. Namun pada akhirnya setelah 2x kalah perang Yasser Arafat mengakui kesalahan tersebut. dan meminta Israel dan PBB mengembalikan batas negara ke UNPP47.

Artikel ini akan terus direvisi apabila ada fakta2 baru..
silahkan klik link ini untuk referensi mengenai Palestina :
https://youtu.be/W9ReF4UUa4E
https://youtu.be/Jbf2LjF8OPw
https://www.timemaps.com/encyclopedia/history-of-ancient-palestine/

Labels: , | edit post
0 Responses

Post a Comment