Unknown

Tau ndak apa oleh2 liburan kemaren?

Sekali lagi adalah hal yang lahir dari manusia yang kadang kita menyebutnya kampungan, udik, ndak berpendidikan formal seperti kalian, Satu prinsip kehidupan, yang tidak bisa di kaji secara ilmu ekonomi, apalagi ilmu kapitalisme materialisme.

"Petani sejati adalah yang selalu siap untuk menanam, menanam, dan menanam, merawat dengan kesungguhan, masalah hasil itu tergantung kuasa Tuhan, karena sekuat apapun kita berusaha jika tuhan tidak meridhoi, maka pupus semua" begitupun dengan manusia hari ini, prinsip ini hampir langka, bahkan sengaja di hilangkan dari manusia modern yang katanya berperadaban, banyak yang lebih suka memanen daripada menanam, banyak juga yang dengan paksa memanen hasil orang lain dengan paksa, ah sudahlah zamannya juga sudah mulai instant.

Sama juga seharusnya manusia hari ini, mari menanam, menanam untuk hidup, menanam untuk peradaban yang lebih baik. Kalau hari ini kita belum bisa panen, suatu saat nanti pasti akan ada yang menikmati tanaman kita. Karena juga hari ini kita sering memanen apa yang manusia dulu tanam sebelum kita.

Menanam, menanam, dan menanam terus kebaikan, mari kita rawat dan kita jaga tanaman kita, kejahatan atau ketidak baikan itu sudah pasti ada, untuk panen serahkan saja sama penumbuh kehidupan, karena yang pasti yang menanam akan juga memanen.(entah itu dalam bentuk yang kebaikan yang berbeda)

Karang Ploso, 30 Januari 2017

Labels: , | edit post
0 Responses

Post a Comment