Unknown

Pengabdian,
banyak orang bercerita kepada saya tentang bagaimana itu pengabdian, yang paling dominan pengabdian itu adalah, ihlas, merelakan diri untuk kepentingan di luar pribadi, tanpa tendensi apapun, apalagi berbau materiel.
Tapi sisi lain yg saya pahami, adalah kata rela dan kata ihlas, hal yang begitu luar biasa, terkesan suci dan manusia terpilih. Tapi itu bukan masalah pokoknya.
Jika pengabdian dilihat dari bahasa, maka akan ada kata abdi, serapan dari bahasa arab, yang artinya adalah hamba, mengabdi berarti menghambakan diri pada "tuan" bisa berupa, manusia, benda, Tuhan, atau tujuan hidup yang lain.
Karena sering kali dalam mengabdi ini adalah rasa memberi, padahal bagi saya bukan memberi, lebih tepatnya adalah membalas, kenapa membelas? Karena karunia tuhan begitu besar untuk hidup kita, tak akan bisa satu manusia pun mampu membalasnya, dengan memberi berarti kita adalah mahluk yang sombong, maha pemberi kok masih di beri, berarti itu impossible, dan kita akan cenderung menjadi pribadi yang kedekatannya dengan tuhan lebih baik dari pada orang lain.
Pengabdian bagi saya adalah kesungguhan, kejujuran, kerelaan untuk menindas kepedulian pribadi, menekanya dalam sebuah pengamalan hidup, baik di pekerjaan, ataupun tanggung jawab sosial yang lain, dengan anda bekerja jujur dan sungguh sungguh, itu juga adalah salah satu bentuk pengabdian.

Labels: , | edit post
0 Responses

Post a Comment