Unknown

Sudah hampir satu minggu ini saya di pindah tugaskan di kota mojokerto, beberapa hal baru mengenai adaptasi sudah hampir rampung, mulai pengenalan wilayah, jalan, nama tempat, termasuk dimana tempat beli makan dan minuman pakai es tentunya.
Ada banyak hal baru yang saya temui sepanjang jalan ataupun tempat tempat yang saya kunjungi, keunikan budaya, kehidupan sosial dan sejenisnya.
Satu hal yang menarik, disepanjang jalan kampung dan kecamatan akan kita temui banyak pohon mangga, mungkin ini salah satu kota dengan pohon mangga terbanyak, atau saya saja yang sebenarnya kurang paham kota lain yang ada mangganya sebanyak kota ini.
Saat ini sedang musim dimana mangga mulai berbuah dan sering jatuh di jalan, terbesit kenangan akan kampung halaman jauh disana, hahaha dimana masa kecil sering saya habiskan untuk bermain di perkebunan mangga yang luas, dan sekarang sudah di tebang habis karena keserakahan manusia, berganti dengan tanaman jati produksi.
Berbeda dengan disini sepanjang jalan banyak kita temui pohon mangga besar, jalanan menjadi teduh, selain itu juga menghasilkan buah yang enak dan mempunyai nilai ekonomi tinggi.
Mengaca dari hal ini seharusnya dinas terkait di kota manapun mempertimbangkan untuk menanam tanaman produktif di sepanjang jalan, bukan hanya tanaman teduh, tanaman buah yang menyejukkan dan memberikan manfaat ekonomis untuk masyarakat.
Bayangkan berapa panjang jalan di indonesia, jika semua ditanami tanaman produktif tentunya akan sangat menguntungkan, untuk ekonomi lokal maupun nasional, disamping sebagai penyuplai oksigen dan memberikan keteduhan bagi pengguna jalan.
Apresiasi untuk pemerintah mojokerto kota dan kabupaten yang masih mempertahankan mangga di kota ini, semoga kedepannya tanaman produktif di utamakan untuk ditanam di pinggir jalan atau pekarangan rumah warga

Labels: , | edit post
0 Responses

Post a Comment